Yang Unik di Kirab Pernikahan Kahiyang-Bobby

Laju Berita – Berbagai persiapan dilakukan dalam rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution pagi ini. Masing-masing mempelai akan diantar ke pelaminan dengan kirab atau pawai menggunakan kereta kuda.

Rangkaian pernikahan ini diawali dengan kirab. Keluarga Bobby akan berangkat dari Hotel Alila, Jalan Slamet Riyadi, Solo menuju Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto. Sementara Kahiyang bertolak dari kediaman keluarga Presiden Joko Widodo di Jalan Kutai Utara, Sumber menuju Graha Saba Buana.

Banyak hal menarik dari prosesi kirab ini. Mulai dari 8 kereta kuda yang disiapkan. Masing-masing kereta kuda disebut dibuat selama setahun oleh GBPH Yudhaningrat, adik Sultan Hamengku Buwono X, di Yogyakarta. Setiap kereta ditaksir seharga Rp 100 juta.

Yang bikin adiknya Sultan HB X. Bikinan Yogyakarta. Itu yang bikin GBPH Yudhaningrat. Satu kereta bikinnya setahun ini, karena memang handmade, ujarnya Anwar Muhtadi, orang yang menyewakan kuda-kuda untuk kirab Kahiyang-Bobby, Senin.

Dari kereta kuda yang akan digunakan, dua di antaranya milik Anwar dan dua lainnya milik Jokowi. Sedangkan empat sisanya ialah milik Pemkot Surakarta.

Setiap kereta ditarik oleh 2 ekor kuda. Baik Kahiyang maupun Bobby akan dikirab menggunakan 4 kereta kuda. Dari 16 ekor kuda itu 2 di antaranya bernama Srikandi dan Agustin. Keduanya merupakan kuda blasteran berwarna coklat.

Namanya Agustin sama Srikandi. Kuda blasteran. Usianya ya enam tahunan, kuda betina semua, kata pemilik kuda Mujiono saat ditemui di rumahnya, Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

Mujiono sendiri akan bertindak sebagai kusir di kereta kuda yang ditumpangi Kahiyang. Masing-masing kusir kuda hari ini mengenakan seragam prajurit Jawa berwarna merah. Kereta kuda juga dihias sedemikian rupa menggunakan bunga. Tak lupa kuda keenam belas kuda juga telah dihias pernak-pernik beragam warna.

Dalam prosesi kirab menuju tempat pernikahan, Kahiyang Ayu akan diiringi oleh para personel polwan dan prajurit wanita TNI. Para aparat perempuan bakal berbusana adat.

Diarak bareng-bareng dengan personel-personel yang memakai pakaian adat, kata Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama, Kapten Inf Alfian Yudha.

Selama perjalanan Bobby dari Hotel Alila, 7.000 relawan akan membuat pagar betis di pinggir jalan. Untuk Kahiyang, kirab bakal diiringi aparat perempuan.

Yang pakai baju adat hanya WanTNI dan Polwan, yang mengiringi pihak perempuan, kata Alfian.

Setelah Kahiyang dan Bobby tiba di Graha Saba Buana, akad nikah akan dimulai. Jokowi dan Bobby akan mengucapkan ijab kabul dengan Wapres Jusuf Kalla dan Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai saksi

Akad akan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan di gedung yang sama. Ada resepsi siang yang dimulai dari pukul 10.30-13.00 WIB. Pada malam harinya, resepsi kembali digelar pada pukul 18.30 WIB.

Kahiyang dan Bobby mengawali perjalanan cinta sejak sama-sama kuliah S2 di IPB. Bobby, calon menantu Jokowi, adalah putra dari mantan Dirut PTPN IV, almarhum Erwin Nasution.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*