Kapolri : Yang Memesan Dan Danai Saracen Harus Ditangkap

Kapolri : Yang Memesan Dan Danai Saracen Harus Ditangkap

LajuBerita –  Kapolri Jend Tito Karnavian menyatakan Polri serius untuk mengusut hingga tuntas kasus penyebaran ujaran kebencian dan SARA oleh kelompok Saracen. Ia menegaskan  untuk menangkap siappun pihak yang terlibat tanpa terkecuali. Tangkap saja yang terlibat, yang pesan,yang mendanai tangkap saja. Ada lagi sejenis dengan itu tangkap aja, ujar Kapolri Tito di Komplek Mabes Polri.

Kapolri Tito mengatakan tidak boleh ada konten konten ujaran kebencian yang menyerang ras, agama, atau golongan yang tertntu, oleh karena itu harus ditindak tegas pembuatnya. Meski demikian, Tito mengakui tak mudah menelusuri siapa saja yang terlibat dalam aktivitas kelompok Saracen. Mereka mainnya di Cyber Space, maka kita akan mencarinya juga di Cyber Space bukan dilapangan, kata Tito.

 photo banner sony_zpsr5adkcro.gif

Sebelumnya Predisen Jokowi sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas kasus Saracen ini. Ia menilai kelompok Saracen menyebarkan hoax sangatlah mengerikan dan harus segera di usut sampai ke akar-akarnya oleh pihak kepolisian. Saya perintahkan Kapolri untuk di usut tuntas kasus Saracen, siapa yang pesan dan juga siapa yang bayar harus diusut sampai tuntas, ujar Jokowi.

Polri sudah menetapkan 4 tersangkat dalam kasus ini yaitu JAS,MFT,SRN dan AMH. Kelompok ini menetapkan tarif sebesar 72 juta dalam proposal yang ditawarkan kepada sejumlah pihak yang menginginkannya. Mereka akan menyebarkan konten ujaran kebencian dan berbau SARA di media sosial sesuai pesanananya. biaya tersebut meliputi biaya pembuatan website sebesar 15 juta , dan membayar sekitar 15 buzzer sebesar 45 juta perbulan.

ada anggaran tersendiri untuk ketua saracen (Jasriadi) 10jt. Selebihnya biayanya akan membayar orang-orang yang disebut wartawan, wartawan itu akan menulis artikel pesanan yang isinya juga diarahkan pemesan. banyak media grup yang digunakan untuk menyebarkan konten tersebut antara lain, Grup Facebook, Saracen News, Saracen Cyber Team, dan situs Saracennews.com dan masih banyak grup lain yang menarik minat banyak orang.

Diketahui jumlah akun yang bergabung hingga saat ini dalam jaringan Grup Saracen ini lebih dari 800.000 akun.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*