Indonesia Hancurkan Filipina 9-0

Laju Berita – Timnas Indonesia U-19 berhasil menggulung Filipina 9-0. Kemenangan ini membuat mereka memimpin Grup B Piala AFF U-18.

Bermain di Tuwanna Stadium, Kamis malam WIB, Indonesia terlalu perkasa untuk tim Filipina. Skuat polesan Indra Sjafri mampu melesakkan lima gol ke gawang lawan pada babak pertama. Feby Eka Putra, dan masing-masing dua gol Egy Maulana Vikri serta gol Muhammad Iqbal, membuat Indonesia sudah unggul telak saat turun minum.

 photo banner sony_zpsr5adkcro.gif

Di babak kedua Indonesia berhasil menceploskan empat gol yang dua di antaranya lahir lewat kaki Feby. Tambahan dua gol itu sekaligus membuat Feby mencatatkan hat-trick pertama bagi Garuda Muda di ajang Piala AFF U-18 tahun ini. Dua gol lainnya berhasil dilesakkan Muhammad Rafli dan Resky Fandy.

Dengan kemenangan ini, untuk sementara Indonesia bercokol di puncak klasemen Grup B dengan enam poin dari hasil dua laga. Mereka dikuntit oleh Vietnam di posisi kedua yang punya tiga poin dari hasil satu laga.

Indonesia langsung mengontrol permainan di awal-awal laga. Skuat Indra Sjafri menerapkan permainan dengan umpan-umpan pendek cepat.

Filipina mampu mengancam gawang Indonesia lebih dulu di menit ketiga, setelah Mariano Jr.Mallari Suba mencuri bola dari pemain Garuda Muda. Suba langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, beruntung Muhamad Riyandi bisa menepis bola keluar lapangan.

Di menit ketujuh Indonesia berhasil mencuri gol lebih dulu. Feby melepaskan tembakan dari luar kotak penalti setelah menerima sodoran bola dari rekannya. Bola hasil sepakan Feby melengkung masuk ke sudut kanan atas gawang Quincy Julian Boltron Kammeraad setelah terlebih dulu membentur mistar. 1-0 Indonesia memimpin.

Indonesia nyaris menggandakan skor di menit ke-10. Egy, yang mendapat umpan terobosan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, tendangan pemain bernomor punggung 10 itu masih terlalu lemah.

Skuat Garuda Muda berhasil melesakkan gol kedua di menit ke-21. Sepak pojok yang didapat Indonesia berhasil menciptakan kemelut di kotak penalti Filipina. Egy, yang berdiri bebas sukses menceploskan bola liar ke jala gawang lawan.

Selang empat menit kemudian Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Kali ini giliran Muhammad Iqbal yang merobek gawang Filipina setelah menyambar umpan dari Asnawi Mangkualam.

Indonesia mendapat kesempatan untuk mencetak gol keempat di menit ke-30 lewat titik penalti setelah pemain Filipina melakukan handball. Akan tetapi kesempatan itu tak bisa dikonversi menjadi gol oleh Asnawi setelah arah bola yang dia sepak mampu dibaca kiper lawan.

Enam menit kemudian Indonesia kembali dihadiahi penalti setelah pemain Garuda Muda dijatuhi di kotak terlarang. Egy, yang ditunjuk sebagai eksekutor bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 4-0 Indonesia memimpin.

Di menit ke-39 Indonesia melesakkan gol kelima lewat tendangan bebas yang dieksekusi Iqbal. Pemain nomor punggung itu mengarahkan bola ke sisi kanan gawang lawan, yang tak bisa dijangkau Quincy Julian. 5-0 Indonesia memimpin hingga turun minum.

Di awal-awal babak kedua Hanis Saghara Putra berhasil menceploskan bola ke gawang Filipina. Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah sang pemain lebih dulu berada di posisi offside.

Filipina mendapat peluang emas di menit ke-64. Suba berhasil mencuri bola dari penguasaan Indonesia untuk kemudian menusuk ke dalam kotak penalti. Namun, striker Filipina itu memilih untuk menembak langsung daripada mengumpan ke rekannya yang berdiri bebas. Bola hasil sepakannya pun masih melayang di atas gawang Riyandi.

Di menit ke-68 Indonesia berhasil melesakkan gol keenam. Feby, yang lepas dari posisi offside, dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan. 6-0 Indonesia memimpin.

Selang satu menit kemudian Indonesia nyaris mencetak gol ketujuh. Rachmat Irianto berhasil menggiring bola ke dalam kotak penalti untuk kemudian melewati kiper Filipina. Dengan gawang yang sudah kosong tanpa kawalan, tembakan pun dilepaskan, namun bola masih membentur tiang.

Indonesia mendapat banyak peluang di sepuluh menit akhir pertandingan. Alhasil, Feby berhasil menciptakan hat-trick di menit ke-87. Gol itu pun membawa Indonesia memimpin 7-0.

Garuda Muda kembali memperbesar skor di menit ke-90 lewat titik putih setelah Muhammad Rafli dijatuhkan kiper Filipina. Wasit pun memberi kartu merah langsung untuk Quincy Julian. Rafli, yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya untuk membawa Indonesia memimpin 8-0.

Di masa injury time Indonesia kembali mencetak gol kesembilan. Kali ini giliran Resky Fandy yang menceploskan bola ke gawang lawan. Indonesia pun mengakhiri laga dengan kemenangan 9-0.

Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada laga selanjutnya. Duel tersebut akan dilangsungkan Senin.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*