Home » NASIONAL » Habib Rizieq Dianggap Tidak Kooperatif Oleh Kapolda JABAR

Habib Rizieq Dianggap Tidak Kooperatif Oleh Kapolda JABAR

habibb

LajuBerita – Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan, menilai Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq tidak kooperatif dalam pemeriksaan keduanya.

Anton menjelaskan, saat diperiksa penyidik, Rizieq membantah telah menistakan simbol Negara Pancasila dalam video dakwahnya berdurasi dua menit pada 2011 di Gedung Sate dengan dalih bukti rekaman tersebut diedit.
“Yang bersangkutan kurang kooperatif dalam pemeriksaan.

Dia menyatakan bahwa ‘Saya kalau ceramah itu 1 jam, sedangkan yang kita perlihatkan 2-3 menit,” kata Anton di Mapolda Jawa Barat, kemarin.

Bahkan, lanjut Anton, Rizieq enggan mengakui meski bukti otentik yang telah diverifikasi lewat saksi ahli diperlihatkan.
“Yang bersangkutan tidak mengakui bahwa itu perkataannya. Ke depan akan kami adakan pemeriksaan lagi dan akan kami konfrontir dengan saksi-saksi di TKP yang mengetahui,” katanya.

Menurutnya, video yang ditayangkan menurut Rizieq seharusnya lengkap. Padahal, lanjut Anton, video berdurasi dua menit itu otentik memperlihatkannya menistakan simbol negara, Pancasila.

“Kan yang intinya saja, tidak mungkin yang 1 jam. Yang bersangkutan mengatakan tidak pernah melakukan hal tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Habib Rizieq menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat terkait dugaan penodaan Pancasila sebagai simbol negara. Rizieq datang didampingi lima orang tim pengacaranya, serta dikawal ratusan simpatisannya.
Rizieq dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri atas dugaan penodaan simbol negara Pancasila. Dari barang bukti yang ada, Rizieq menyebutkan Pancasila Soekarno, ketuhanan ada di pantat. Sedangkan Pancasila Piagam Jakarta, ketuhanan ada di kepala.

Bagaimana Pendapat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*