Home / NEWS / SURVEI LSI CAGUB DAN CAWAGUB DKI JAKARTA

SURVEI LSI CAGUB DAN CAWAGUB DKI JAKARTA

lsi

 

lajuberita-enam puluh hari menjelang digelarnya pemilihan gubernur dan wakil gubernur dki jakarta,dua lembaga yakni lingkaran survei indonesia pimpinan denny januar ali (LSI denny JA) dan lembaga survei indonesia (LSI) melakukan riset,mereka meneliti elektabilitas dan basis dukungan masing-masing kandidat.

seperti diketahui pilgub dki diikuti tiga pasang calon,yakni : agus harimurti yudhoyono-sylviana murni : basuki tjahaja purnama alias ahok dan djarot saiful hidayat sedangkan pasangan ketiga anies rasyid baswedan berpasangan dengan sandiaga uno.

LSI denny JA melakukan surver dari 1 – 6 desember 2016 dengan melakukan wawancara tatap muka langsung kepada 440 responden yang tersebar di seluruh wilayah jakarta.metode yang digunakan adalah multistage random sampling dan margin of error plus minus 4,8 %

menurut hasil sigi LSI denny JA dukungan untuk ketiga kandidat saling mengalahkan dibeberapa segmen pemilih.disegmen agama,pemilih muslim yang merupakan populasi pemilih terbesar,agus-sylvi memperoleh dukungan sebesar 36,10%,disusul anies-sandi 25,20 % dan ahok-djarot 21,71% masih ada 17 % pemilih muslim yang belum menentukan pilihan kata peneliti LSI denny JA,adjie alfaraby dalam keterangan tertulisnya jumat 16 desember 2016.

sebaliknya dipemilih non muslim.ahok-djarot unggul telak yaitu sebesar 92,90% dukungan terhadap agus-sylvi dan anies-sandihanya masing-masing 3,60%

disegemen pendidikan menengah,agus-sylvi unggul dari pasangan ahok-djarot maupun anies-sandi.sementara ahok-djarot unggul disegmen pemilih yang berpendidikan tinggi.

agus-sylvi juga unggul disegmen pemilih berpendapatan rendah,kurang dari Rp 3,5 juta perbulan. dibandingkan pasangan ahok-djarot maupun anies-sandi.sementara pasangan ahok-djarot unggul dari pasangan anies-sandi maupun agus-sylvi di segemen pemilih pendapatan tinggi dengan pendapatan lebih dari Rp 3,5 juta perbulan.

disegemen usia,agus-sylvi unggul di hampir semua segemen terutama di pemilih berumur dibawah 50 tahun.sementara pasangan ahok-djarot unggul disegmen usia diats 50 tahun.

secara teritori,agus-sylvi sementara ini unggul diwilayah jakarta pusat.jakarta timur dan jakarta utara.pasangan ahok-djarot unggul tipis dijakarta selatan.dan ketiga pasangan calon bersaing ketat di jakarta barat kata adjie.

LSI juga melakukan survei terkait elektabilitas dan basis dukungan.dalam surveinya.LSI mengambil 800 sampel untuk dilakukan wawancara secara tatap muka,populasi survei ini seluruh warga negara indonesia di provinsi DKI jakarta yang memiliki hak pilih.yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun.survei dilakukan dari tanggal 3 sampai 11 desember 2016.

metode yang digunakan multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3,5 persen.Quality control hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen.

hasil survei LSI memperlihatkan bahwa agus yudhoyono disukai calon pemilih karena tegas dan berwibawa,adapun ahok didukung karena dianggap memeliki kinerja yang sudah terbukti dan anies dipilih karena pintar dan berpendidikan.

direktur eksekutif LSI kuskridho ambardi mengatakan hingga saat ini terlihat bahwa dukungan dari partai pengusung ketiga pasangan calon tersebut masih solid.soliditas basis partai pengusung tampak relatif stabil. kecuali basis koalisi partai-partai pendukung agus-silvy yang agak menurun dibanding bulan lalu.kata kuskridho.

Bagaimana Pendapat Anda

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

sinarmas
x

Check Also

juju

siapa ??? juara la liga 2017

sonybola-Persaingan Real Madrid dan Barcelona di La Liga 2016-17 mencapai klimaksnya akhir ...