Home » MANCANEGARA » 10 Perang Terbesar Di Dunia, Yang Tidak Banyak Di Ketahui

10 Perang Terbesar Di Dunia, Yang Tidak Banyak Di Ketahui

LajuBerita – Perang Dunia II terjadi dalam rentang waktu 1939-1945. Negara-negara di dunia terbagi menjadi Blok Poros dan Blok Sekutu. Tanggal 1 September adalah waktu yang dicatat sebagai awal mula pecahnya PD II, ditandai dengan invasi Jerman ke Polandia.

Negara-negara besar mengerahkan seluruh kemampuan di berbagai bidang seperti ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang. Ada sekitar 100 juta ornag yang terlibat dari militer maupun sipil. Jumlah korban jiwanya pun mencapai sekitar 50-70 juta jiwa.

Sebenarnya, ada banyak perang yang terjadi sebagai rangkaian dari Perang Dunia II. Namun tak banyak yang diketahui oleh publik secara luas. Berikut ini adalah perang-perang besar yang tidak diajarkan di sekolah yang dirilis Lajuberita.com dari popularmechanics, Kamis (4/11).

1. Pertempuran Stalingrad

hyyhuyu

Perang di Kota Stalingrad ini terjadi pada Agustus 1942 hingga Februari 1943. Stalingrad kini bernama Volgograd, terletak di barat Sungai Volga, Rusia. Dibanding peperangan Front Timur lainnya, perang ini yang paling berdarah.

Red Army bertahan melawan tentara Jerman yang ingin menguasai kota. Rusia memanfaatkan apartemen, gedung perkantoran, pabrik untuk titik pertahanan. Meskipun diserang dari udara dan darat, Kota ini berhasil dipertahankan. Tentara Jerman justru terkepung. Korban jiwa diperkirakan mencapai 2 juta jiwa.

2. Pertempuran Midway

hyyhuyu

Peristiwa pada 4-7 Juni 1942 ini adalah bagian penting dari PD II. Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) memukul serangan Jepang yang ingin mengenyahkan AS demi menguasai Pasifik. AS memberikan serangan udara dan menghancurkan tiga dari empat kapal induk Jepang.

3. Invasi Normandia

hyyhuyu

Peristiwa yang juga dikenal dengan nama D-Day ini terjadi pada 6 Juni 1944 di Normandia, Prancis bagian utara. Ini merupakan invasi laut terbesar sepanjang sejarah.

Mayoritas tentara adalah pasukan Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Ada sekitar hampir tiga juta tentara yang menyeberangi Selat Inggris dari Inggris ke Prancis yang ketika itu diduduki oleh tentara Nazi Jerman.

4. Pertempuran Moskow

hyyhuyu

Pertempuran yang berlangsung pada Oktober 1941 hingga Januari 1942 adalah upaya pertahanan kota Moskwa. Ini sekaligus serangan balik terhadap pasukan Jerman yang berupaya menyerang ibukota Soviet itu sejak 22 Juni 1941.

Ada lebih dari satu juta pasukan Jerman yang dikerahkan Hitler. Awalnya progres Jerman begitu pesat namun perlahan mengendur.

5. Pertempuran Kursk

hyyhuyu

Pertempuran berdurasi satu bulan dari Juli hingga Agustus 1943 ini berlangsung di dekat kota Kursk yang merupakan garis pertahanan Soviet. Ini disebut-sebut pertempuran terbesar antara Jerman dengan Soviet. Jerman mengerahkan 800 ribu pasukan infanteri, 2.700 tank dan kendaraan lapis baja, serta 2.000 pesawat tempur.

Sedangkan Soviet menurunkan 1,3 juta pasukan infanteri, 3.600 tank dan kendaraan lapis baja, 20.000 artileri medan dan 2.400 pesawat tempur. Semalam sebelum penyerangan, pasukan Jerman membersihkan jalan menuju medan. Mereka mengamankan sebanyak 2.700 ranjau. Namun Jerman mengalami kerugian besar.

6. Pertempuran Berlin

hyyhuyu

Pertempuran ini berlangsung pada April hingga Mei 1945. Sekitar tiga perempat tentara Jerman dikerahkan Hitler melawan red Army.

Ini menjadi pertempuran terakhir di Eropa karena Hitler memilih mengakhiri hidupnya pada 30 April ketimbang menyerah. Jerman menyerah setelah bertempur selama lima hari.

7. Pertempuran Laut Filipina

hyyhuyu

Pertempuran pada Juni 1944 ini adalah penyerbuan Amerika Serikat ke Kepulauan Mariana di Pasifik. Lokasinya berada di antara Hawai dan Filipina. Saat itu AS menang jumlah armada.

Terlebih Japanese Zeroes harus melawan Grumman F6F Hellcats baru milik AS. Peristiwa ini dikenal pula dengan Great Marianas Turkey Shoot karena banyaknya pesawat Jepang yang ditembak jatuh oleh pesawat AS.

8. Pertempuran Luzon

hyyhuyu

Perang yang terjadi 9 Januari hingga 15 Agustus 1945 ini antara Jepang melawan Sekutu yang dibantu Filipina. Memakan korban jiwa di pihak Jepang tak kurang dari 200.000 jiwa.

Sedangkan AS kehilangan 10.000 tentara. Filipina kehilangan lebih dari 120.000 jiwa yang terdiri dari tentara dan masyarakat sipil.

9. Pertempuran kedua Kharkov

hyyhuyu

Pada perang 12–28 Mei 1942 ini Stalin berusaha memukul mundur tentara Jerman yang menyerang Khrkov, Soviet dengan mengerahkan lebih dari seribu tank dibantu 700 pesawat.

Namun Jerman mengerahkan 900 pesawat. Sekitar seperempat juta jiwa tentara Soviet menjadi korban, 10 kali lebih besar dibanding tentara Jerman.

10. Pertempuran Laut Koral

hyyhuyu

Dikenal pula dengan Pertempuran Laut Karang, perang ini terjadi pada 4-8 Mei 1942 di Laut Koral, yaitu antara Australia, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon. Setelah Pearl Harbor, Jepang melakukan misi untuk menyerang New Guinea dan Kepulauan Solomon. Pasukan AS, dibantu oleh beberapa kapal Australia berupaya mencegat.

Bagaimana Pendapat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*