Home / MANCANEGARA / Masyarakat Amerika Salahkan Facebook, Karena Kemenangan Trump

Masyarakat Amerika Salahkan Facebook, Karena Kemenangan Trump

donald-trump

LAJUBERITA – Donald Trump akan menjadi presiden Amerika Serikat setelah secara cukup mengejutkan, mengalahkan Hillary Clinton. Rupanya, banyak yang menyalahkan Facebook sebagai salah satu penyebab Trump bisa menang.

Dikutip detikINET dari Business Insider, itu karena Facebook dan algoritma news feed yang mereka terapkan ditujukan untuk menampilkan hal yang disukai pengguna saja. Serta tidak bisa membedakan antara fakta atau fiksi sehingga pengguna menelannya mentah-mentah.

“Demokrasi bekerja jika kita bisa berpikir di luar ketertarikan sempit kita. Kita perlu berhubungan dengan hidup orang lain. Tapi hal ini membuat kita ke arah yang berbeda, malah menciptakan impresi bahwa ketertarikan sempit kita saja yang eksis,” sebut Eli Pariser, penulis buku “The Filter Bubble: What the Internet Is Hiding from You.”

Algoritma news feed di Facebook memang kadang hanya menampilkan apa kesukaan pengguna. Jika seseorang memposting berita salah tentang politisi misalnya, tetap akan terlihat di news feed dan bisa saja dianggap benar.

Ini mungkin yang terjadi pada Donald Trump, di mana kemungkinan para penggemarnya terus menerus menerima berita baik tentangnya di Facebook. Dan tidak diimbangi berita lain yang mengabarkan isu lain tentang dia.

“News feed Anda bahkan mungkin saja tidak menampilkan berita yang membantah kabar tidak benar itu. Juga menghalangi kabar lain yang mungkin bisa memunculkan pandangan yang berbeda dari Anda,” sebut Business Insider.

Belakangan, makin banyak orang yang menjadikan Facebook sebagai sumber berita. Riset di Amerika serikat oleh Pew Study menyebutkan 63% orang dewasa AS menggunakan Facebook sebagai tempat mencari berita.

Bagaimana Pendapat Anda

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

sinarmas
x

Check Also

juju

siapa ??? juara la liga 2017

sonybola-Persaingan Real Madrid dan Barcelona di La Liga 2016-17 mencapai klimaksnya akhir ...